TOKO SEPATU MITRA .
Dari segi penjualan, pedagang ini mengambil
keuntungan tidak terlalu tinggi, bisa dikatakan minim. Harganya relatif lebih
murah dibandingan toko-toko sepatu lainnya, tetapi penjualannya relatif pula
lebih stabil. Mengapa toko sepatu ini berani menjual dengan keuntungan yang
sedikit? Karena pemilik mendapatkan harga yang spesial dari gudangnya yang
berlokasi di daerah grosiran jatinegara dan pasar senen dan si pemilik ini sudah menjadi pelanggan setia
gudangnya. Dari apa yang saya tangkap dari strategi penjualan toko sepatu ini, menggunakan
strategi pendekatan, maksudnya dengan menggunakan kedekatan dengan distributor
untuk memanfaatkan harga yang spesial.
Dari segi biografi. Daerah yang cukup
strategis dan mudah dijangkau oleh orang-orang khususnya para remaja.
Dari segi target pasar produk yang ditawarkannya, toko ini lebih fokus kepada para remaja smp, sma, dan mahasiswa. Disini
tersedia beragam sepatu baik dari barang KW sampai Original.

Menarik
konsumen melalui mulut ke mulut karena ketertarikan harganya yang lebih murah
dan model-model sepatu yang lebih bervariasi
Menurut saya cara pemasaran toko ini sangat sederhana, jika saya
menjadi owner toko ini, saya akan lebih menekankan pemasaran ini melalui media
online, memanfaatkan fasilitas yang ada, misalnya pada forum jual beli online.
Karena menurut saya untuk jenis usaha seperti ini para konsumen yang bermain di
internet cukup menjamin, penjualan bisa dilakukan secara online, kirim barang
ke daerah yang cukup jauh.

Pemilik tidak menyebutkan berapa modal awal yang dikeluarkan untuk usaha ini. Pendapatan rutin yang diterima si pemilik kurang lebih Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000/hari. Titik BEP yang dicapai oleh si pemilik kurang lebih 1 tahun.
Dari segi harga untuk masing-masing sepatu sangatlah
bervariasi, mulai dari kisaran Rp 40.000
– Rp 450.000, tergantung jenis sepatu dan kualitasnya.
BY. SRI NOPIA LESTARI - AP 202
Tidak ada komentar:
Posting Komentar