Sabtu, 03 Juni 2017

Observasi usaha ke toko sepatu Tugas Kewirausaan I

TOKO SEPATU MITRA . 
 
Dari segi penjualan, pedagang ini mengambil keuntungan tidak terlalu tinggi, bisa dikatakan minim. Harganya relatif lebih murah dibandingan toko-toko sepatu lainnya, tetapi penjualannya relatif pula lebih stabil. Mengapa toko sepatu ini berani menjual dengan keuntungan yang sedikit? Karena pemilik mendapatkan harga yang spesial dari gudangnya yang berlokasi di daerah grosiran jatinegara dan pasar senen dan si pemilik ini sudah menjadi pelanggan setia gudangnya. Dari apa yang saya tangkap dari strategi penjualan toko sepatu ini, menggunakan strategi pendekatan, maksudnya dengan menggunakan kedekatan dengan distributor untuk memanfaatkan harga yang spesial.
Dari segi biografi. Daerah yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh orang-orang khususnya para remaja.
Dari segi target pasar produk yang ditawarkannya, toko ini lebih fokus kepada para remaja smp, sma, dan mahasiswa. Disini tersedia beragam sepatu baik dari barang KW sampai Original.
 
 
toko ini memiliki 2 orang karyawan 1 orang pelayan dan 1 orang bagian kasir. Tidak begitu banyak memiliki standar (Job des dan job spec)  bagi karyawannya, cukup mampu melayani konsumen dengan baik, dan teliti khususnya pada bagian kasir.  
 
 
 
 
 
 Menarik konsumen melalui mulut ke mulut karena ketertarikan harganya yang lebih murah dan model-model sepatu yang lebih bervariasi
Menurut saya cara pemasaran toko ini sangat sederhana, jika saya menjadi owner toko ini, saya akan lebih menekankan pemasaran ini melalui media online, memanfaatkan fasilitas yang ada, misalnya pada forum jual beli online. Karena menurut saya untuk jenis usaha seperti ini para konsumen yang bermain di internet cukup menjamin, penjualan bisa dilakukan secara online, kirim barang ke daerah yang cukup jauh.
   

Pemilik tidak menyebutkan berapa modal awal yang dikeluarkan untuk usaha ini. Pendapatan rutin yang diterima si pemilik kurang lebih Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000/hari. Titik BEP yang dicapai oleh si pemilik kurang lebih 1 tahun.
Dari segi harga untuk masing-masing sepatu sangatlah  bervariasi, mulai dari kisaran Rp 40.000 – Rp 450.000, tergantung jenis sepatu dan kualitasnya.
 
 
 
 
 
BY. SRI NOPIA LESTARI - AP 202  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar